Nuramaya

Memulai dengan yang halal dan sehat

Perjalanan

on May 8, 2008

Dari Abu Dzar Jundub bin Junadah dan Abu Abdurrahman Mu’adz bin Jabbal ra., Rasulullah saw. bersabda, “Bertaqwallah kamu kepada Allah di mana pun kamu berada, iringilah kesalahanmu dengan kebaikan niscaya ia dapat menghapuskannya dan pergaulilah semua manusia dengan budi pekerti yang baik.” (HR. Tirmidzi)

Setiap kita pastilah pernah melakukan perjalanan. Entah dekat ataupun jauh. Dalam persiapan pun akhirnya disesuaikan dengan sejauh mana kita akan melakukan perjalanan. Dan sejauh mana kita memandang seberapa perlunya membawa bekal. Apakah perlu membawa seluruh perlengkapan hidup, seperti layaknya musafir yang melakukan perjalanan jauh. Ataukah hanya pergi ke ke sebuah tempat yang tak jauh dari rumah. Semuanya jadi pilihan untuk bisa kita pertimbangkan.

Hidup pun demikian. Hidup ibaratnya adalah sebuah perjalanan menuju suatu tempat. Dimana tempat itu adalah bernama kampung akhirat. Disana ada dua tempat lagi yang di tuju, yakni apakah kita akan memilih surga ataukah neraka. Itu menjadi pilihan kita sehingga menjadi pilihan pula dalam mempersiapkan bekal yang kita bawa ke kampung akhirat itu. Berdasarkan Hadist Riwayat Tirmidzi diatas, ada tiga hal yang harus senantiasa mengiringi perjalanan hidup kita di dunia, yaitu: 1. Ketakwaan Kepada Allah SWT dimanapun kita berada. 2. Iringi setiap kesalahan kita dengan kebaikan sehingga kesalahan tersebut dapat dihapuskan. dan 3. Pergaulilah manusia dengan budi pekerti yang baik.

Demikian tiga hal yang perlu menjadi bekal kita untuk melakukan perjalanan menuju kampung akhirat. Agar kita tak tergagap dan bahkan putus asa dalam melakukan perjalanan itu. Wallahu’alam bishowab.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: