Nuramaya

Memulai dengan yang halal dan sehat

Tanggung Jawab Profesi

on May 12, 2008

Saat kita mengikrarkan diri untuk menerima tugas profesi maka ada beberapa hal yang dengan segera menjadi tanggung jawab kita. Tepat tanggal 19 April 2007 yang silam, saya beserta puluhan calon dokter hewan lainnya, di gedung Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada mengikrarkan sumpah dokter hewan. Kami, saat itu dihadapan kalangan veterinarian dan para orang tua wali dengan penuh kesadaran bersumpah, bahwa:

1. Secara khidmat dengan ini, saya menyatakan diri untuk mengamalkan ilmu yang saya miliki sebagai Dokter Hewan untuk kebajikan masyarakat dalam pengabdian kepada kemanusiaan melalui peningkatan kesehatan hewan dan perbaikan mutu ternak yang berwawasan kesinambungan, keselarasan dan kelestarian hidup manusia.

2. Saya akan melaksanakan profesi saya dengan seksama dan mulia.

3. Saya akan memberikan pertimbangan utama untuk kesehatan pasien saya, kepentingan tertinggi si pemilik dan kesejahteraan sesama manusia.

4. Saya tidak akan menggunakan pengetahuan yang berlawanan dengan hukum perikemanusiaan atau menyimpang dari Kode Etik profesi saya.

5. Saya akan menjunjung dan akan berusaha mempertinggi kehormatan serta tradisi luhur dari profesi Kedokteran hewan.

6.  Sumpah/janji ini saya buat dengan rela di hadapan Tuhan Yang Maha Esa serta mempertaruhkan kehormatan saya.

Sekian tahun ditempa dibangku kuliah, akhirnya berhasil lulus pada hari itu. Lulus sebagai dokter hewan. Dan di moment terakhir ini, kami, para dokter hewan memasuki babak baru yang justru merupakan tugas yang tidak ringan. Tanggung jawab terhadap profesi. Inilah sebuah awal bukan akhir. Disinilah titik tolaknya, mampukah kami mengemban tugas profesi. Ataukah hanya menjadi pengais materi tanpa pernah merasa bertanggung jawab terhadap tugas profesi dokter hewan ini.

Dini hari, 10052008


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: