Nuramaya

Memulai dengan yang halal dan sehat

Karena Aku Memang Istimewa (Bagian 1)

on March 13, 2012

Bagiku cukuplah kita punya satu perbedaan

bahwa aku perempuan dan engkau laki-laki

Tapi kita punya begitu banyak kesamaan

saat kita mengaku sebagai

makhluk…..


Sebenarnya,Perempuan sama dengan Laki-laki

Kita sama, dihadapan Sang pencipta

Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar

(Al Qur’an Surat Al Ahzab: 35)

Allah SWT menciptakan Nabi Adam as. sebagai manusia (seorang laki-laki) yang pertama kali untuk mengelola bumi. Kemudian atas kehendak Allah SWT pula diciptakannya Hawa (seorang perempuan) untuk menjadi teman hidup nabi Adam as. Saat itu, keduanya tinggal di surga dengan segala fasilitasnya.  Mereka dibolehkan melakukan apa saja yang mereka suka dengan pengecualian yakni tidak boleh memakan buah khuldi jika mereka masih ingin tinggal di surga. Ternyata larangan itu tidak diindahkan oleh mereka karena godaan dari iblis. Akhirnya keduanya diturunkan ke bumi sebagai hukuman atas ketidaktaan mereka. Kisah ini memberikan pelajaran bagi kita bahwa sejak dulu tidak ada pembedaan bagi laki-laki dan perempuan dalam posisinya sebagai makhluk ciptaan Allah SWT.  Nabi Adam as. dan Hawa mendapatkan kesempatan yang sama untuk tinggal di surga dan menikmati segala fasilitasnya. Akan tetapi, keduanya mendapat perintah untuk taat tidak memakan buah khuldi. Perintah taat ini pun dilanggar dan Allah SWT pun menurunkan keduanya ke bumi. Hal ini menunjukkan bahwa ketaatan menjadi tugas utama bagi mahluk Allah SWT baik laki-laki maupun perempuan. Nabi Adam as. dan hawa berada pada kondisi yang sama sebagai mahluk ciptaan Allah SWT.

Dalam Qur;an Surat Al Ahzab 35 diatas, Jika laki-laki harus menyembah Allah SWT maka perempuan juga. Jika laki-laki harus taat maka perempuan juga, karena sebenarnya tidak hanya laki-laki dan perempuan atau manusia, malaikat dan jin juga harus menyembah Allah SWT, Dzat yang telah menciptakan seluruh alam semesta. Lebih mendalam ayat ini menjelaskan sifat-sifat hamba-Nya (baik laki-laki maupun perempuan) yang akan diampuni segala dosanya dan kesalahannya serta dimasukkan ke dalam surga oleh Allah SWT. Adapun sifat-sifat itu ada sepuluh macam, yaitu:

  1. Taat dan tunduk kepada hukum agama Islam, baik dalam ucapan maupun dalam perbuatan.
  2. Membenarkan dan mempercayai ajaran Allah dan Rasul-Nya.
  3. Selalu melaksanakan perintah-perintah agama dengan penuh kekhusyukan dan ketenangan.
  4. Selalu benar dalam ucapan dan perbuatan.
  5. Sabar dalam menghadapi kesulitan dan penderitaan. Baik dalam melaksanakan perintah Allah maupun dalam menahan syahwat dan hawa nafsu.
  6. Khusyuk dan tawadu kepada Allah baik jasmani maupun rohani dalam melaksanakan semua tugas dan kewajiban.
  7. Bersedekah dengan harta dan memberi bantuan kepada mereka yang serba kekurangan.
  8. Berpuasa yang dapat membantu menundukkan syahwat hawa nafsu
  9. Menjaga kemaluan dari segala perbuatan yang haram dan keji.
  10. Selalu ingat kepada Allah dengan lidah dan hati

Dari penjelasan diatas maka perlu kita garis bawahi kesamaan kita yang pertama, Laki-laki dan perempuan sama kedudukannya dihadapan Sang Maha Pencipta, Allah SWT.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: